Minggu, 29 April 2012

Kenapa sih bisa demam?



Demam adalah salah satu gangguan yang sering kita alami. Mengapa aku menulis tentang demam karena kemarin gangguan ini baru saja aku alami. Lebih tepatnya hari Jumat kemarin. Tiba-tiba badanku terasa pegal-pegal, lalu tenggorokan terasa sakit untuk menelan. Malam harinya aku merasa kedinginan tapi badanku terus mengeluarkan keringat. Dan paginya waktu bangun tidur badanku terasa lemas. Gejala seperti itu sering sekali aku alami, seperti pengalaman yang lalu, setelah demam biasanya akan muncul pilek dan batuk. Tapi alhamdulillah hari ini aku sudah merasa lebih baik karena hari sabtu kemarin aku menkonsumsi banyak sayur dan minum obat dari dokter. 

Nah kejadian kemarin membuatku jadi penasaran sebenarnya kenapa sih kita bisa demam? Berdasarkan beberapa artikel yang aku dapatkan, ini dia jawabannya :

Suhu tubuh normal manusia berkisar antara 36-37 derajat celcius. Demam terjadi ketika suhu tubuh melebihi 37 derajat celcius. Demam merupakan mekanisme pertahanan tubuh terhadap infeksi virus maupun bakteri. Sebenarnya demam bukanlah suatu penyakit tetapi gejala dari suatu penyakit. Jika bakteri masuk ke dalam tubuh manusia berbagai jenis sel darah putih akan melepaskan zat penyebab demam (pirogen endogen), zat tersebut akan memicu pelepasan prostaglandin E2 di hipotalamus yang kemudian akan menaikkan suhu tubuh dan terjadilah demam. 
Influenza adalah penyakit infeksi virus yang paling sering menyebabkan demam. Influenza atau yang sering disebut dengan flu berbeda dengan pilek. Meskipun keduanya mempunyai gejala yang sama.  Ketika virus flu masuk, ia akan bergerak menuju saluran pernafasan. Di sana virus akan melepaskan informasi genetik ke dalam inti sel dan melakukan replikasi, Virus akan mengambil alih fungsi sel sampai akhirnya sel mati dan melepaskan mereka ke dalam tubuh. Mereka kemudian pergi untuk menginfeksi sel lain. Karena hal tersebut jaringan pernafasan mulai meradang. Virus terus melakukan replikasi sampai kekebalan tubuh mulai melawan virus. Pada saat itulah terjadi demam.

Nah untuk lebih jelasnya baca artikel ini ya..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar