Selasa, 02 April 2013

(: Diklat prajab angkatan 66 :)


Sesuai dengan janji di posting sebelumnya, kali ini aku ingin berbagi tentang pengalaman prajab. Mungkin ada temen-temen yang belum tau apa itu prajabatan. Jadi prajabatan itu adalah salah satu jenis pendidikan dan pelatihan (diklat) yang harus dijalani oleh seorang cpns sebagai syarat untuk diangkat menjadi pns. Ada dua macam diklat prajabatan yaitu untuk cpns golongan II dan golongan III. Nah karena aku adalah lulusan d4 maka aku termasuk cpns golongan IIIa. 

Diklat prajabatan untuk angkatanku dilaksanakan tanggal 11 Feb - 6 Maret 2013. Ada 2 angkatan yang mengikuti diklat yaitu angkatan 65 dan 66, aku sendiri termasuk dalam angkatan 66. Peserta diklat kali ini merupakan gabungan dari lulusan stis penempatan pusat dan para ksk penerimaan umum dengan jumlah 30 pusat dan 41 ksk. 

Tanggal 11 Feb aku bersama teman-teman pusat berangkat ke pusdiklat bps di daerah lenteng agung. Sampai di sana kami langsung disodori modul-modul prajabatan yang jumlahnya sungguh teramat banyak. Pada saat check in aku berharap mendapat teman sekamar yang sama-sama anak pusat karena ku pikir lebih nyaman jika sudah saling kenal. Namun ternyata pengalokasian kamar memang sengaja diacak, jadi lulusan stis akan sekamar dengan ksk dari daerah. 

Hari selasa 12 Feb diklat prajabatan golongan III angkatan 65 dan 66 pun dibuka, diklat dibuka oleh kepala pusdiklat kemudian dilanjutkan dengan pengarahan program diklat dan pre test. Tujuan pre test disini adalah untuk melihat sejauh mana pengetahuan para peserta tentang hal-hal yang berkaitan dengan pns. Setelah itu kami memulai pelajaran dengan kegiatan dinamika kelompok. Dinamika kelompok adalah kegiatan yang di dalamnya berisi games-games yang bertujuan agar peserta saling mengenal satu sama lain. Sesuai dengan jadwal kegiatan ini berakhir sekitar pukul 6 sore. 

Hari berikutnya kami sudah harus bangun pagi untuk mengikuti pbb. Setiap hari kami harus mengikuti kegiatan pagi yang dimulai pukul 5.30, ada 2 kegiatan yang dilakukan secara bergantian setiap hari yaitu pbb dan senam. Kegiatan pagi dilaksanakan selama 1 jam sampai pukul 6.30 kemudian istirahat, bergantian dengan teman sekamar, yang satu mandi dan yang satu sarapan karena pukul 7.15 kami sudah harus siap dengan pakaian hitam putih untuk mengikuti apel pagi. Apel dilakukan selama 10-15 menit kemudian kami bersiap untuk mengikuti pelajaran selanjutnya.  Istirahat siang untuk makan dan sholat dilaksanakan pukul 12.00 sampai 13.30, sekitar pukul 10 dan 16 ada break untuk snack dan kopi. 

Sampai pada hari ketiga kami masih belajar di luar kelas dengan pelajaran dinamika kelompok dan membangun kerjasama tim. Saat itu diklat masih berasa fun, namun tiba pada hari keempat dan hari-hari berikutnya kami sudah harus belajar di dalam kelas. Mulai dari pukul 8.00 sampai 18.00 kami harus duduk di kelas mendengarkan 1 materi yang sama setiap sesinya. Untuk menghindari rasa bosan dan ngantuk, para widyaiswara sering mengadakan diskusi kelompok. 

Begitulah rutinitas prajab, sampai pada hari terakhir kami harus mengikuti ujian. Soal ujian berisi materi-materi yang telah diajarkan selama prajab. Dan Alhamdulillah aku lulus dan tidak perlu mengikuti remed. =)


Tips lulus diklat prajabatan :
- Mengikuti semua rangkaian kegiatan karena kehadiran sangat mempengaruhi kelulusan
- Disiplin / hadir tepat waktu di setiap kegiatan
- Menyimak pelajaran di kelas kemudian menandai modul karena biasanya materi yang keluar adalah yang diajarkan di kelas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar