Kamis, 19 April 2012

Belajar dari TIKET

Long weekend adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh anak rantau seperti aku. Bulan depan, hari Kamis 17 Mei 2012 adalah hari libur nasional Kenaikan Yesus Kristus. Dan hari jumatnya 18 Mei 2012 adalah hari libur karena ada cuti bersama dari pemerintah. Wow, that's great! It's very long long weekend. Saat yang tepat buatku untuk pulang ke kampung halaman. Sudah sejak lama aku merencanakan kepulangan ini dan seharusnya aku segera berburu tiket kereta. Namun apa daya honor magang tak kunjung turun dan akupun harus menunda waktu untuk membeli tiket. Aku sadar betul resiko yang akan aku dapatkan jika tidak segera membeli tiket. dan dugaanku pun benar. Begitu honor magang turun, 16 April kemarin aku langsung mencari info tiket melalui website PT KA (http://www.kereta-api.co.id/). Sebelumnya aku membuat beberapa langkah yang harus aku lakukan:
1. Cari tiket tujuan Semarang - Jakarta (20 Mei 2012) kereta Fajar Utama Semarang
2. Cari tiket tujuan Jakarta - Semarang (12 atau 13 Mei 2012) kereta Argo Sindoro - promo
Aku memang mengutamakan tiket untuk pulang ke Jakarta terlebih dahulu karena takut kehabisan tiket pagi. Kenapa harus pagi? Karena rumahku di Salatiga dan untuk menuju stasiun di Semarang harus ditempuh dengan menggunakan bis. Bis yang ke stasiun itu hanya beroperasi sampai sore hari. Itulah alasan aku tak mau pulang di malam hari. 
Aku berencana membeli tiket ke stasiun hari Selasa 17 april, namun aku mendadak panik karena kabar dari seorang teman bahwa tiket untuk tanggal 20 Mei sudah habis terjual. Info tersebut memang benar adanya. Saat itu juga aku segera membuat beberapa planing untuk berburu tiket dengan pertimbangan biaya yang paling efisien:
1. Membeli tiket promo Argo Sindoro tanggal 12/13 Mei - 19 Mei dengan resiko membolos selama 3 hari 
2. Membeli tiket promo Argo Sindoro tanggal 16 Mei - 21 Mei dengan resiko membolos selama 2 hari
3. Membeli tiket ekonomi Tawang Jaya 16 Mei - bisnis Fajar Utama 21 Mei dengan resiko membolos 1 hari

Hari Selasa 17 April pun tiba, selepas absen di kantor aku langsung menuju stasiun gambir. Dengan badan yang lemas karena sedang berpuasa, mau tidak mau aku harus berburu tiket. Sampai disana aku langsung menulis semua planingku di kertas pemesanan. Dan ternyata 2 planing pertamaku kandas karena tiket promo sudah habis terjual. "Tiket promonya udah gak ada mbak, kan pemesanan H-90", ujar mbak operator tiket. Sudahlah tak perlu disesali karena memang aku yang salah karena tidak segera membeli tiket padahal aku berencana untuk pulang. Akhirnya aku menjalankan planing ketiga, dan aku masih mempunyai tanggungan untuk membeli tiket ekonomi. Semoga aku mendapatkannya. It will be my second time traveled with economic train. Tak sabar ingin segera PULANG... 


Pelajaran : Rencanakan segala sesuatu dengan baik dan jangan menunda-nunda sesuatu. ^.^





Tidak ada komentar:

Posting Komentar