Jumat, 27 April 2012

Hidup sehat, sekarang, dan seterusnya

Pernah denger gak istilah PHBS? PHBS itu kepanjangan dari Pola Hidup Bersih dan Sehat. Apa sih maksudnya? Maksudnya adalah membiasakan diri dengan perilaku menjaga kebersihan untuk mencegah ancaman penyakit. Sehat itu dimulai dari perilaku kita, jika sejak dini kita membiasakan perilaku PHBS maka kita akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Salah satu perilaku PHBS adalah mencuci tangan dengan air bersih dan sabun. Mencuci tangan dengan menggunakan sabun sangat dianjurkan karena kuman yang menempel pada tangan kita tidak jarang menyebabkan penyakit seperti sakit perut, diare, bahkan muntaber. Oleh karena itu cucilah tangan sebelum makan supaya kuman yang ada di tangan tidak ikut masuk bersama makanan. Selain itu penting pula mencuci tangan setelah buang air besar karena saat itulah kuman bisa ikut menempel di tangan kita. 
Bagaimana dengan handsanitizer? Menurut artikel yang pernah aku baca mencuci tangan dengan handsanitizer juga diperbolehkan, namun pada saat terdesak saja misalnya karena tidak ada air. Jika masih ada air mengalir lebih baik gunakan air mengalir karena hal itu sudah cukup mengurangi kuman yang ada di tangan. Awalnya aku sendiri juga kurang peduli dengan kebersihan tangan sebelum makan, karena aku lebih sering menggunakan sendok. Tapi sekarang setelah sadar akan pentingnya mencuci tangan, aku selalu mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan meskipun aku makan menggunakan sendok, dimanapun itu baik di rumah maupun ketika makan di restoran. Ketika bepergian aku selalu menyediakan sabun cuci tangan kecil yang mudah untuk dibawa kemana-mana. Nah di bawah ini ada gambar cara mencuci tangan yang baik dan benar :

 Yuk hidup sehat mulai dari sekarang ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar