Rabu, 11 April 2012

Orientasi Kerja

Alhamdulillah akhirnya merasakan masa kemerdekaan (merdeka sementara), merdeka dari tugas kuliah, merdeka dari ujian, merdeka dari buku2 statistik yg super tebal dengan bahasa yang lumayan alay..hehe
Tidak seperti anak kuliahan lainnya yg setelah lulus akan menikmati masa-masa pengangguran, mencari kerjaan, membawa ijasah kesana kemari, aku cukup bangga karena gak perlu melakukan semua hal itu..
yup.. aku karena sekolah di sekolah tinggi kedinasan yang notabene adalah sekolah milik pemerintah. Aku bisa sekolah gratis tanpa dipungut biaya apapun, udah gitu setiap bulan aku dapat uang pesangon yang biasa kami sebut dengan istilah "uang ID (ikatan dinas)". Dan lebih enaknya lagi setelah lulus aku gak perlu pusing mencari pekerjaan karena pemerintah udah menyediakan lapangan pekerjaan khusus untuk kami. Singkatnya, setelah lulus aku akan bekerja sebagai PNS, yap sebagai abdi negara di Badan Pusat Statistik (BPS). Jelaslah setelah lulus aku harus mengabdi pada negara, tentunya pemerintah juga gak mau rugi kan udah keluarin banyak biaya buat nyekolahin kami.. Seperti dua sisi mata uang, hidup ini selalu ada enaknya dan enggak enaknya. Gak enaknya adalah aku dan teman2 seperjuanganku harus bersedia ditempatkan dimanapun, entah itu di daerah yang maju ataupun di daerah pelosok yang masih susah listrik dan sepi angkutan (It sounds scary, so i wish i get the best one). 
Layaknya instansi pemerintah lain, sebelum resmi menjadi pegawai aku juga harus melalui proses yg bernama MAGANG. Istilah lebih kerennya sih "ORIENTASI KERJA". Semacam proses pembelajaran supaya kita gak kaget ketika masuk ke dunia kerja yg sesungguhnya. Tak banyak waktu yg bisa aku gunakan untuk berleha-leha setelah wisuda. Tanggal 22 Oktober 2011 aku resmi wisuda, lalu sekitar 2 minggu kemudian tepatnya tanggal 7 November 2011 aku sudah harus magang di BPS Pusat. BPS Pusat yang bertempat di Jln. Dr. Sutomo No. 6-8 Jakarta (di depan Pasar Baru) itu memang cukup luas dan megah sehingga muat untuk menampung ratusan lulusan baru yang akan magang sebelum penempatan. Selain di BPS Pusat, beberapa dari  angkatanku ditempatkan di kampus (STIS) dan di Pusdiklat. Alhamdulillah aku sendiri ditempatkan di kantor BPS Pusat, seperti keinginanku karena aku gak mau kembali ke kampus dan aku gak mau setiap pagi harus mengejar kereta KRL untuk menuju Pusdiklat. Ini dia SK magang aku...


Semoga banyak ilmu dan pengalaman yang bisa aku peroleh selama masa magang ini.. Semoga aku bisa menyumbangkan sesuatu untuk instansi ini..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar