Selasa, 01 Mei 2012

Insomnia??

Dua hari yang lalu aku sempat mengalami susah tidur. Entah apa sebabnya, mata terasa ngantuk ingin memejam tetapi ketika mata terpejam rasanya aku masih bisa mendengar semua suara-suara di luar. Hal itu berlangsung sampai pagi hari. Tidur enam jam lebih tapi rasanya seperti tidur hanya dua jam. Ketika bangun badan rasanya pegal-pegal, lelah dan lesu. Berangkat ke kantor pun rasanya malas karena badan menjadi tidak fit.
Apa itu yang namanya insomnia??

Menurut beberapa artikel yang aku baca insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata-rata setiap orang pernah mengalami insomnia dalam hidupnya, semakin meningkatnya usia peluang mengalami insomnia juga semakin tinggi lho.. Apa aja sih hal-hal yang bisa menyebabkan insomnia? Ini dia beberapa faktor penyebab insomnia :

  • Depresi 
  • Sindrom post trauma
  • Obat-obatan psikotoprika
  • Stress karena beban pikiran terlalu banyak
  • Tegang, cemas, atau kekhawatiran terhadap suatu masalah
  • Gangguan siklus tidur akibat waktu kerja yang tidak tetap 
  • Lingkungan yang bising, dingin, atau terlalu panas
Selain faktor psikologis dan lingkungan insomnia juga bisa disebabkan karena gangguan penyakit. Tapi hal itu biasanya terjadi pada orang-orang lansia. Nah menurut pengalamanku cara mengatasi susah tidur itu bisa dengan cara mandi dengan air hangat sebelum tidur, tidak makan makanan yang berat sebelum tidur, atau minum susu maupun air hangat sebelum tidur juga bisa membuat tidur kita lebih nyenyak lho.. Ketiga cara itu sudah aku coba dan hasilnya Berikut ini cara-cara yang dianjurkan untuk mengatasi insomnia :

Hindari makan dan minum terlalu banyak menjelang tidur. Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman, sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan kita sering ke belakang untuk buang air kecil. 
Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal-hal yang menimbulan suara, pastikan kita nyaman dengan suhu ruangan tidur. Jauhkan jam meja dari pandangan kita karena benda itu dapat membuat kita cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.
Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur kita selanjutnya.
Makanlah makanan ringan yang mengandung sedikit karbohidrat menjelang tidur, bila tersedia, tambahkan dengan segelas susu hangat.
Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat kita terjaga seperti teh, kopi, alkohol dan rokok. 
Mandilah dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Mandi air hangat akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat juga mengurangi ketengangan tubuh.
Berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur.
Lakukan aktivitas relaksasi secara rutin. Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah kita untuk tidur.
* Hentikan menonton TV atau membaca buku, setidaknya 1 jam sebelum tidur.
*SEMOGA MEMBANTU*


Tidak ada komentar:

Posting Komentar