Selasa, 07 Desember 2010

statistik itu menyenangkan

Selama ini orang menganggap bahwa statistik adalah mata kuliah yang killer, susah, rumit, mumet, penuh rumus dll. Pandangan underestimate tentang statistik membuat mereka merasa tidak bisa dan menyerah duluan jika mendengar kata "statistik". Bagimana kita bisa dapat nilai bagus kalau kita sudah menyerah sebelum bertanding?? Sekarang mari kita rubah mindset kita tentang statistik.
Sebelumnya kita harus mengerti dulu apa itu statistik? Statistik adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai cara pengumpulan, pengolahan, dan analisis data. Statistik merupakan suatu alat untuk menduga nilai-nilai dalam populasi, karena kita tidak mungkin tau nilai sebenarnya dari populasi tersebut. Nilai yang kita duga itu misalnya nilai rata-rata, proporsi, varians, dll. Nilai-nilai tersebut hanya bisa kita dapatkan melalui sensus atau pengumpulan data secara keseluruhan, namun sensus memerlukan banyak biaya, tenaga dan waktu. Oleh karena itu nilai-nilai populasi kita duga dengan menggunakan statistik.
Statistik merupakan ilmu yang bersifat global, statistik bisa digunakan di berbagai disiplin ilmu. Lihat saja di setiap jurusan universitas pasti akan diajarkan ilmu statistik. Penggunaan aplikasi statistik sangat banyak dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam bidang ekonomi, sosiologi, biologi, dll. Tanpa sadar sebenarnya kita sering menggunakan statitik misalnya menghitung total pengeluaran dalam sehari, rata-rata pulsa per-bulan, jumlah pelanggan di suatu toko, dll.
Statistik juga digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pemerintah. Tanpa masyarakat ketahui, sebenarnya kebijakan-kebijakan yang dilakukan bermula dari sebuah statistik. Misalnya saja dalam membuat kebijakan tentang kemiskinan, sebelumnya pemerintah memerlukan suatu data mengenai kondisi sosial ekonomi penduduk di Indonesia. Data tersebut merupakan bagian dari statistik. Itu hanyalah secuil contoh tentang penggunaan statistik. Sebenarnya masih banyak lagi apalikasi yang lebih kompleks dari statistik, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang bisa kita kaitkan dengan statistik.
So, temen-temen jangan berpikir kalau statistik itu hanya melulu tentang rumus-rumus. Banyak hal menyenangkan yang bisa kita explore dengan statistik... ^-^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar